Keunggulan Kompetitif
Menurut
Tangkilisan (dalam bukunya Strategi Keunggulan Pelayanan Publik Manajemen SDM,
2003) bahwa Keunggulan Kompetitif adalah merujuk pada kemampuan sebuah organisasi untuk memformulasikan
strategi yang menempatkannya pada suatu posisi yang menguntungkan berkaitan
dengan perusahaan lainnya. Keunggulan Kompetitif muncul bila pelanggan merasa
bahwa mereka menerima nilai lebih dari transaksi yang dilakukan dengan sebuah
organisasi pesaingnya. Kemudian di dalam Kamus Bahasa Indonesia, oleh Badudu-Zain (1994), dinyatakan bahwa
keunggulan kompetitif bersifat kompetisi dan bersifat persaingan. Bertitik
tolak dari kedua sumber diatas, kami berpendapat bahwa keunggulan kompetitif
adalah keunggulan yang dimiliki oleh organisasi, dimana keunggulannya
dipergunakan untuk berkompetisi dan bersaing dengan organisasi lainnya, untuk
mendapatkan sesuatu. Contoh, perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang
Perbankan, masing-masingnya bagaimana berusaha untuk menarik nasabah
sebanyak-banyaknya dengan cara berkompetisi sesuai dengan keuanggulan yang
dimilikinya.
Keunggulan
Komparatif
Pengertian Keunggulan Komparatif dapat dilihat pada kamus Bahasa Indonesia,
oleh Badudu-Zain (1994), dimana komparatif diartikan bersifat perbandingan atau
menyatakan perbandingan. Jadi keunggulan komparatif adalah suatu keunggulan
yang dimiliki oleh suatu organisasi untuk dapat membandingkannya dengan yang
lainnya. Dengan mengacu arti tersebut, kami berpendapat, bahwa keunggulan
komparatif, adalah keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh organisasi seperti
SDM, fasilitas, dan kekayaan lainnya, yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan
organisasi atau perpaduan keuanggulan beberapa organisasi untuk mencapai tujuan
bersama. Contoh, beberapa instansi/lembaga
pemerintahan, dengan memanfaatkan segala keuanggulan yang dimilikinya,
dan mereka mempunyai satu tujuan bersama, yakni untuk mewujudkan VISI dan MISI yang
telah dibuatnya bersama-sama.
Oleh sebab itu, jelaslah bahwa keunggulan komparatif,
bagaimana untuk mencapai tujuan bersama dengan segala keunggulan yang dimiliki
baik oleh organisasi maupun terhadap organisasi lainnya, sedangkan keunggulan
kompetitif, bagaimana memanfaatkan keunggulan yang dimiliki oleh organisasi
untuk bisa mendapatkan tujuan organisasi, dengan cara berkompetisi dengan
organisasi lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar