Sosiologi
mempelajari komunikasi dalam konteks proses dan interaksi sosial, dalam
mencapai tujuan-tujuan kelompok. Ini tampak jelas dari beberapa definisi
komunikasi yang menggunakan prespektif sosiologi. Colin Cherry (1964) mendefinisikan komunikasi sebagai “usaha untuk
membuat satuan sosial dari individu dengan menggunakan bahasa atau tanda,
memiliki bersama serangkaian peraturan untuk berbagai kegiatan mencapai
tujuan”. Harnack dan Fest (1964)
menganggap komunikasi sebagai “proses interaksi diantara orang untuk tujuan
integrasi, intrapersonal dan interpersonal”. Jadi sosiologi Komunikasi adalah
ilmu yang memberi pemahaman tentang kajian sosiologis dari kegiatan komunikasi,
khususnya komunikasi massa. Kajian dari sosiologi komunikasi meliputi hubungan
media massa dengan institusi sosial lain yang ada dalam masyarakat, hubungan
didalam institusi media termasuk proses produksi isi media dan hubungan media
massa dengan khalayak.
Jadi hubungan yang terjadi adalah
Sosiologi mempelajari interaksi sosial dan interaksi sosial harus didahului
oleh kontak dan komunikasi. Dalam dunia modern komunikasi bukan saja mendasari
interaksi sosial. Teknologi komunikasi telah berkembang sedemikian rupa,
sehingga tidak ada satu masyarakat modern yang mampu bertahan tanpa komunikasi,
sebagaimana yang ditulis oleh De Fleur,
D’antonio, dan De Fleur (1977:409) “ Untuk memahami organisasi dan
berfungsinya kelompok yang sekompleks masyarakat, kita perlu meneliti sistem
komunikasi pada seluruh tingkatannya. Salah satu tingkatannya, komunikasi
massa, mengisyaratkan penggunaan alat-alat mekanis dan elektronis. Ketika
masyarakat modern tumbuh lebih besar dan lebih kompleks, media tersebut makin
diandalkan untuk mencapai tujuan kelompok tertentu seperti menyebarkan berita,
menyajikan hiburan massa, menjual barang, mengarahkan kesepakatan politik, dan
sebagainya. Para ahli sosiologi sangat tertarik pada cara bagaimana berbagai
corak masyarakat mengembangkan sistem komunikasi massa tertentu untuk mencapai
tujuan mereka”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar